Sabtu, 16 Maret 2013

PINTAR HEMAT BELI MOBIL DAIHATSU

Daihatsu Bali - Menurut Mohammad B. Teguh praktisi Financial Planner di Jakarta, ada 4 cara mengentaskan keinginan untuk memiliki mobil baru. Contohnya untuk mobil seharga Rp 170 juta. Harga diambil dari rata- rata harga mobil baru, seperti Daihatsu Xenia.

1. Membeli dengan cara menyicil. Biasanya konsumen seperti ini telah memiliki dana untuk uang muka dan biaya administrasi. Untuk harga mobil Rp 170 juta harus siapkan dana Rp 51 juta sebagai uang muka sebesar 30%. Ditambah biaya-biaya asuransi, administrasi dan lainnya dengan asumsi 10% Rp 17 juta. Total biaya awal adalah Rp 68 juta. Hutang yang ditanggung Rp 119 juta. Jika jangka waktu cicilan 3 tahun, perbulannya harus siapkan dana Rp 4 jutaan. 

2. Investasi untuk beli cash di 3 tahun mendatang.
Cara ini cocok buat konsumen yang belum cukup dananya untuk membeli mobil baru saat ini. Yaitu dengan memperkirakan harga mobil di masa mendatang. Misalnya harga saat ini Rp 170 juta. Diperkirakan 3 tahun lagi akan menjadi Rp 226,270 juta (dengan asumsi kenaikan 10% per tahun). Uang yang harus ditabung untuk membeli mobil itu 3 tahun lagi adalah Rp 5.415.513 per bulannya. 

3. Memiliki modal untuk DP + Biaya namun membeli cash 3 tahun kemudian.
Bagi anda yang tidak gegabah ingin segera memiliki mobil baru, Anda bisa menginvestasikan (contoh,deposito),uang modal Anda sebesar Rp 68 juta. Dengan asumsi pendapatan bunga, 3 tahun kedepan akan terkumpul Rp 90,508 juta. Dengan asumsi kenaikan 10%, harga yang semula Rp 170 juta, akan menjadi Rp 226,270 juta (3 tahun kemudian). Berarti Anda tinggal menyicil ke tabungan sejumlah Rp 3,249 juta perbulanya, untuk mengejar sisa kekurangan biaya yang senilai Rp 135,762 juta.

4. Investasi untuk menyiapkan DP dan biaya. Ini akan menjadi tantangan bagi Anda yang kurang memiliki modal namun memiliki semangat memiliki mobil baru. Anda bisa memulainya dengan menyimpan dana untuk membayar Dp plus biaya 3 tahun kemudian. Dari harga mobil Rp 170 juta, maka DP cicilan  sebesar Rp 51 juta (30%) ditambah biaya-biaya sejumlah Rp 17 juta akan menjadi Rp 90,508 juta (3 tahun kemudian). Untuk ini, anda harus menabung setidaknya Rp 2,116 juta perbulannya dan sedikit kesabaran lagi untuk mencicil kredit mobil sesuai masa tenor.
“Dengan ilustrasi perhitungan pembiayaan tersebut di atas, idealnya Anda memiliki penghasilan perbulan kisaran Rp 11 juta. Jika penghasilan jauh dari nominal tersebut, lebih baik Anda menurunkan standar mobil baru yang diinginkan, atau bisa melirik mobil bekas yang harganya relatif compatible,” tutup Teguh meyakinkan. 

Kehadiran Astra Daihatsu Ayla yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini, rasanya pas menjadi pilihan ideal mobil baru idaman Anda. Harga kisaran Rp 100 juta, rasanya cocok bagi Anda yang ingin menggunakan cara cicilan untuk dapat membawa pulang mobil impian.

Sumber : daihatsu.co.id
Edit by : daihatsubaliterbaru.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger